Kepala Balai Guru Penggerak Aceh bersama Tim IKM Melaksanakan Kunjungan Kerja Pimpinan ke Kabupaten Aceh Utara

BGP Provinsi Aceh Melakukan Kunjungan Kerja Pimpinan Ke Diskdikbud dan Kepala Daerah Kab. Aceh Utara dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka (Penggunaan PMM)

Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh, Teti Wahyuni, S.Si., M.Pd. bersama Tim Pendamping Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) melaksanakan Kunjungan Kerja Pimpinan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara dan Kantor Bupati Aceh Utara pada hari Rabu (20/07/2022).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memantau pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) dan pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) serta rencana kerja Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara dalam mengimplementasikan IKM. Adapun wilayah yang menjadi sasaran kegiatan tersebut telah ditentukan oleh Ditjen GTK Kemdikbudristek setelah beberapa kali pertemuan yang dilaksanakan secara daring.

Kunjungan dilaksanakan pada dua tempat yang berbeda. Kunjungan pertama dilaksanakan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara yang dihadiri oleh Kepala Disdikbud Aceh Utara, Jamaluddin, S.Sos., Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara, Drs. Ahmad Yamani. M.Pd., perwakilan Pengawas Sekolah, dan perwakilan Kepala Sekolah untuk semua jenjang.

Pada kesempatan tersebut dilakukan pembahasan tentang pelaksanaan IKM, kendala yang dihadapi dan solusi yang akan dilakukan agar pelaksanaan IKM dapat berjalan sesuai harapan. Kepala BGP Provinsi Aceh menyampaikan beberapa solusi terkait permasalahan ataupun kendala yang dihadapi.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara, Bapak Ahmad Yamani juga menyampaikan pentingnya kolaborasi dari setiap pemangku kepentingan dalam membangun pendidikan. “Membangun pendidikan tidak boleh terpisah, disdik dan cabang dinas harus seiring sejalan dalam membangun pendidikan. Selain itu juga kami selalu berupaya membangun komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah,” ujarnya.

Kunjungan berikutnya adalah Kantor Bupati Kabupaten Aceh Utara. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Penjabat Bupati Aceh Utara, Azwardi Abdullah bersama Asisten 1 Setda Aceh Utara, Drs. Adami, M.Pd.

Kegiatan diawali dengan sambutan Kepala Disdikbud Kabupaten Aceh Utara. “Perkembangan tiga program Kemdikbudristek yaitu PSP, PGP dan IKM sudah berjalan dengan baik dan butuh dukungan selanjutnya dari Pemerintah Daerah dan Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh untuk terus mendampingi dan membimbing satuan pendidikan di Kabupaten Aceh Utara,” ujarnya.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang kerja Bupati Aceh Utara. Kepala BGP Provinsi Aceh menyampaikan sambutannya terkait arahan Dirjen GTK tentang program prioritas Kemdikbudristek. Kepala BGP juga menjelaskan beberapa solusi terhadap penyelesaian permasalahan yang dihadapi daerah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Harapannya seluruh satuan pendidikan dapat menggunakan Platform Merdeka Mengajar dengan baik agar pembelajaran dapat bermanfaat dan berkualitas.

“Saat ini guru bukan tidak mau menggunakan PMM namun mereka belum paham bagaimana menggunakan dan mengetahui manfaat dari PMM tersebut,”pungkasnya. Pada akhir sambutannya beliau berpesan tidak ada yang tidak bisa jika kita mau berusaha dan berkolaborasi bersama.

Pada pertemuan tersebut Pj Bupati Aceh Utara menyampaikan sepenuhnya mendukung seluruh program yang sedang dijalankan oleh Kemdikbudristek di Kabupaten Aceh Utara.

“Saya mendukung program-program untuk memajukan pendidikan khususnya di Kabupaten Aceh Utara. Saya berharap nantinya seluruh sekolah dapat menjadi sekolah unggul, jadi tidak dibedakan lagi sekolah unggul dan tidak unggul. Saat ini satuan pendidikan unggulan yang terdapat di Kabupaten Aceh Utara dapat memberikan pengimbasan bagi satuan pendidikan lainnya sehingga seluruh satuan pendidikan dapat meraih keunggulan yang sama dan mendapat kepercayaan yang sama dari masyarakat,” terangnya.

NGOPI PAGI “Ngobrol Pintar, Sepakat Berbagi”

Selengkapnya Implementasi Kurikulum Merdeka

Berita lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *