Peran Pengawas Sekolah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar

Banda Aceh, 15 Desember 2023 – Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh melatih Pengawas Sekolah melaksanakan perannya dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar pada satuan pendidikan pada hari Jumat (15/12).

Diselenggarakan di Hotel Diana, Banda Aceh kegiatan tersebut diikuti oleh 80 orang Pengawas Sekolah dari 23 Kabupaten/Kota di Provinsi Aceh selama 3 Hari.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya dalam percepatan peningkatan kualitas pembelajaran yang berpusat pada murid melalui transformasi dan optimalisasi peran Pengawas Sekolah.

Guna mengakselerasi transformasi pendidikan yang menjadi tujuan merdeka belajar, Pengawas Sekolah diharapkan mampu berkontribusi melalui kolaborasi dengan Kepala Sekolah, Guru, warga Satuan Pendidikan serta masyarakat untuk memastikan Satuan Pendidikan dikelola sesuai dengan tujuan merdeka belajar.

Kepala Balai Guru Penggerak Provinsi Aceh dalam sambutannya ditempat terpisah secara virtual menyampaikan harapannya kepada peserta untuk dapat memahami perannya secara utuh dalam implementasi kurikulum merdeka.

“Kami berharap untuk kegiatan ini bapak/ibu pengawas sebagai trainer, sebagai fasilitator, sebagai mentor dan sebagai eksekutor untuk kebijakan merdeka belajar bisa memahami peran pengawas dalam implementasi kebijakan Merdeka Belajar.” Sebutnya.

“Kami juga berharap agar bapak/ibu pengawas dapat mengimbaskan pengetahuan dan pengalaman melalui kegiatan ini kepada rekan sehingga nantinya seluruh pengawas di Provinsi Aceh dapat memahami secara utuh kebijakan merdeka belajar.” tambahnya.

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah merancang Siklus Pendampingan yang memuat kerangka kerja komprehensif agar Pengawas Sekolah dapat melaksanakan peran Pendampingan secara optimal, dengan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki Satuan Pendidikan, dan memastikan proses pembelajaran berpihak pada peserta didik.

Siklus Pendampingan digunakan sebagai acuan bagi Pengawas Sekolah untuk menentukan strategi, metode, serta umpan balik yang tepat sewaktu membersamai Kepala Sekolah menyusun dan melaksanakan program-program pada Satuan Pendidikan, sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik melalui Peraturan Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Nomor 4831/B/HK.03.01/2023 Tentang Peran Pengawas Sekolah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan. Sehingga, Pengawas Sekolah dapat turut berperan aktif pada peningkatan kualitas pembelajaran di Satuan Pendidikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *